Sukses mendownload (Unduh) File menggunakan Mozilla Firefox

23 Oct 2010

Bagi teman-teman yang suka mendownload file tentunya pernah mengalami kegagalan dalam mendownload file dari internet, entah itu dari layanan berbayar maupun gratis. Kendala yang sering dihadapi diantaranya :
Koneksi lambat dan terputus, kadang menyebabkan proses download berhenti sebelum selesai.
Waktu download terlalu lama, sehingga proses download perlu bersambung.
Ukuran download terlalu besar, sehingga proses download perlu bersambung.
Tidak ada fasilitas resume download dari server host.
Komputer mati atau restart mendadak.

Pengalaman penulis menggunakan Mozilla Firefox (Tested on : Mozilla Firefox 3.6.11 ) dapat memberi solusi dari permasalahan gagal download tanpa perlu software tambahan, cukup browser Mozilla Firefox kita, begini tipsnya :

Tips ini hanya perlu dilakukan apabila Anda mengalami kegagalan dalam mendownload, bila sudah sukses mendownload 100%, Anda tidak perlu melakukannya.
Prinsip Tips ini memanfaatkan download manager yang telah ada dalam Browser Mozilla Firefox, sehingga dapat digunakan untuk melanjutkan (resume) download pada semua proses download yang gagal dilakukan oleh download manager Mozilla Firefox sebelumnya.
Langkah Pertama : untuk melihat proses download, buka download manager dari menu Tool lalu pilih Downloads. Akan ditampilkan hasil proses download termasuk ukuran filenya, apabila ukuran file hasil download berbeda dengan ukuran sumber file (dan file tidak bisa dijalankan sesuai tipenya) maka file tersebut gagal di download. Pada gambar ditunjukkan 2 hasil download Garmin).exe, satu 114M dan satunya 116KB, hasil yang 116KB tersebut menunjukkan proses download yang gagal.

download-menu

open-containing-folder

sukses
Langkah kedua : kita buka file manager, kalau pakai windows menggunakan windows explorer dan buka folder download, bila tidak tahu lokasi folder download dapat dibuka dengan cara klik kanan pada saat pointer mouse ditaruh pada jendela download manager tepat pada proses download yang gagal, lalu klik kanan dan pilih open containing folder. Selanjutnya setelah terbuka windows explorer lalu pilih 2 (dua buah) file dengan nama 1 file sama persis dengan nama file yang kita download dan 1 file lagi namanya ada tambahan .part dibelakang nama filenya. Bisa dilihat pada gambar Garmin).exe, dan Garmin).exe.part, dan pindahkan 2 file tersebut ke folder lain (bebas dimana saja asal tahu lokasinya karena akan dipindahkan kembali folder asal tadi (lokasi folder download) pada langkah keempat.

open-containing-folder

113
Langkah ketiga : ulangi langkah download Anda dari awal sampai dengan proses download berjalan (setelah starting download maka proses download berjalan, ditunjukkan dengan munculnya menu Pause dan cancel disebelah kanan tampilan proses download. Lalu tekan menu Pause sekali sehingga proses download terhenti sementara.

99_
Langkah keempat : segera pindahkan 2 buah file yang dipindah pada langkah kedua, dan pindahkan lagi ke folder asal tersebut. Akan ditampilkan pesan file sudah ada, pilih Replace (Gantikan) untuk memindahkan 2 buah file tersebut.
Langkah kelima : setelah 2 buah file selesai dipindah, buka lagi download manager Mozilla firefox seperti pada langkah Pertama dan tekan sekali pada tulisan Resume untuk melanjutkan proses download. Setelah proses download berjalan kembali maka Anda akan melihat status proses download langsung berubah pada ukuran seperti ukuran file .part yang Anda pindahkan .
Anda tingga menunggu proses download selesai. Apabila mengalami kegagalan lagi, ulangi langkah pertama hingga kelima tersebut sampai Anda sukses mendownload file Anda.

Pengalaman penulis, tips ini juga dapat digunakan pada server penyedia download yang tidak mengijinkan Anda menggunakan software download manager selain dari browser Anda.
Demikian semoga bermanfaat, dan ingat, silahkan download hanya file-file yang bermanfaat.


TAGS teknologi informasi firefox


-

Author

Follow Me