Penyehatan Air Minum

31 May 2011

Pernah pastinya diantara kita pernah jajan di warung pinggiran jalan atau saat di pasar, kita melihat warung tersebut menyajikan makanan dan minuman dalam tempat yang dipakai ulang, seperti piring, gelas, cawan dan sebagainya. Disana kita juga melihat bahwa makanan dan minuman tersebut telah dimasak dengan harapan sudah bisa dikatakan menjadi makanan dan minuman yang sehat terhindar dari kuman pembawa penyakit. Namun ternyata masih ada yang sering kita lupakan dari pengamatan kita saat itu, dan bahkan sering kita abaikan karena dianggap remeh karena dianggap sudah memenuhi syarat, yaitu mencuci piring, gelas maupun tempat makanan dan minuman tersebut. Apa yang salah ? memang sudah dicuci, sudah pakai sabun, lalu ? kalau kita perhatikan air yang digunakan, seringnya hanya disiapkan satu atau dua ember tempat mencuci piring atau gelas. Coba bayangkan seandainya ada orang yang mengidap penyakit hepatitis, yang kita ketahui bersama dapat menularkan penyakitnya melalui tempat makan atau minum yang sama, maka kuman yang ada di piring dan gelas tersebut akan menumpuk di air cucian tersebut. Semakin banyak yang makan dan minum tentunya resiko semakin besar tertular. Memang menggunakan sabun sudah membantu membunuh kuman, tapi apabila air cucian dipakai ulang berkali-kali tentunya penumpukan kuman juga terjadi di air cucian tersebut.

Alasan praktis dan hemat air bahkan kemamuan ekonomi menjadi alasan kuat untuk tidak mencuci bekas tempat makanan dan minuman tersebut menggunakan air mengalir, seperti seharusnya. Sebagai permulaan bisa dimulai khusus di kantin sekolah semoga hal ini menjadi persyaratan yang wajib dipenuhi bagi pengelola kantin agar dapat membersihkan piring, gelas dan tempat makan minum yang kotor dengan air bersih dan sabun, dan jangan menggunakan air bekas bilasan sebelumnya !

Ingat bahwa dengan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sehari-hari akan membantu membawa kita menuju kesejahteraan dan kebahagiaan di dunia dan insyaalloh di akhirat, laksanakanlah!


TAGS air minum sehat


-

Author

Follow Me